1/12/2018

Barbie Roberts, Vlogger Tercanggih Sedunia!

Barbie Roberts, Vlogger Tercanggih Sedunia

Gue adalah orang yang nggak pernah menikmati konten vlog di Youtube. Bagi gue, mayoritas konten vlog yang menjamur di media sosial itu kurang berfaedah dan gak kreatif. Isinya cuma seputar story time, daily vlog, dan challenge yang diulang-ulang. Belum lagi kalau bahasanya kasar, macem sekebun binatang dikeluarin dari mulutnya.

Duh maaf yah, yang begitu mah gue gak level *kibas poni*

Tapi itu pandangan gue terhadap konten vlog (yang unfaedah itu) berubah ketika gue sedang ngescroll timeline Youtube pada hari Rabu kemarin. Waktu itu gue lagi nggak bisa tidur, dan karena gue nggak ada kerjaan juga kan, gue memutuskan untuk nonton video random rekomendasi Youtube. Disanalah gue dipertemukan dengan tautan rekomendasi channel yang isinya..

Barbie Roberts, Vlogger Tercanggih Sedunia

BARBIE. NGEVLOG.


Oke. Oke. Gue suka Barbie dan gue cinta mati sama film-film Barbie sampai sekarang. Tapi Barbie dan vlog? Bagaimana bisa? 

Karena gue sudah terlanjur bingung dan penasaran, akhirnya gue memutuskan untuk menonton video tersebut. Dan gak disangka, video tersebut sangat-amatlah..


Gue memang nggak punya ekspektasi apapun tentang akan jadi seperti apa vlog Barbie ini. Tapi gue kaget karena video berdurasi dua menit tersebut benar-benar menampilkan seorang Barbie, yang belakangan gue ketahui memiliki nama lengkap Barbara Milicent Roberts, berbicara di depan kamera dengan luwes dan santai layaknya seorang remaja yang membuat vlog pada umumnya.


Selama dua menit itu pula gue lupa bahwa gadis remaja yang berbicara di dalam layar ponsel gue ini hanyalah tokoh fiktif dan sebuah boneka.

Gue mind blown seketika.


Nggak puas dengan video yang barusan gue tonton, jempol gue pun otomatis menyentuh tautan video yang lainnya. Dan gue terhipnotis. Karena sosok Barbie dalam video-videonya ini sangat relatable dengan persona remaja perempuan secara umum. Suaranya, gesturnya, dan emosinya terlihat nyata. 

Hal-hal tersebut membuat gue merasa bahwa remaja di depan gue ini bukanlah sekedar animasi. Melainkan sebagai seorang Barbie Roberts, remaja Malibu yang ramah dan menyenangkan, punya tiga adik dan pacar yang asik, penggemar warna pink, dan suka membaca. Sekilas memang terdengar sangat sempurna dan klise. Tapi di channel yang sama, dia menunjukan kalau dia juga manusia dan punya kekurangan seperti takut laba-laba, pernah gagal, dan mempunyai masalah yang sama dengan remaja pada umumnya.


Dan gue juga jatuh cinta dengan bagaimana Barbie mengedukasi para penontonnya. Selain konten cerita dan challenge, Barbie juga banyak membahas tentang masalah yang biasa dialami remaja (bahkan orang dewasa) seperti bullying, insecurity, dan bahkan kegalauan. Cocok banget buat tontonan dan role model anak cewek.

Gak cuma anak-anak, gue bahkan banyak menemukan komentar-komentar orang dewasa yang mengaku menikmati konten vlog ini.

Sayang, vlog ini hanya dilengkapi subtitle bahasa Inggris. Jadi kalau nggak terbiasa ya bablas ora mudeng :"D


Selain itu, Barbie juga punya gestur khas yang selalu dia tunjukkan di akhir video dan jadi ciri khas dia. Gesturnya ini simpel, yaitu menunjukan peace sign sambil mengucapkan kata P.A.C.E yang merupakan akronim dari 'Positive Attitude Change Everything'. Di titik ini, gue tanpa ragu memencet tombol subscribe.


Sungguh. Ini adalah hal paling murni yang gue temukan bulan ini. Melihat vlog-vlognya Barbie Roberts ini membuat hati gue terbuka dan sadar bahwa masih ada konten dan role model yang positif di internet. Harta karun seperti ini harus dilindungi!

Dan bayangkan, seberapa besar usaha yang dibutuhkan untuk bikin vlog animasi semulus ini. Butuh sutradara, penulis skrip, animator, produser, dan pengisi suara. Jangan pernah pikir kalo bikin animasi itu gampang ya gengs! Search coba di Youtube, seberapa ribetnya membuat animasi.

Harus bikin konsep dulu, menentukan tema, membuat skrip, merencanakan scene, mendesain animasi, menganimasikannya, dan masih banyak lagi. Tentunya jauh lebih rumit daripada sekedar berbicara di depan kamera. Hebatnya itu semua dilakukan setiap dua minggu!

Empat jempol dah untuk orang-orang yang terlibat dalam produksi vlog ini. Dengan teknologi dan proses pembuatan animasi yang rumit, dan konten yang positif nan berfaedah, gue menobatkan Barbie sebagai vlogger tercanggih!



Laakwartier, 11 Januari 2018

Harusnya gue ngampus. Tapi lagi sumbilangen, lemes banget, akhirnya goleran di kosan saja :)

15 komentar:

  1. Waah.. bagus ini. Secara aku males banget nonton vlog yg gaje. Mending nonton tutorial DIY. Thx for the share ya, bermanfaat banget. 😊

    BalasHapus
  2. Wah saya jadi tahu ada vlog tapi tokohnya barbie. Iya mba sekarang vlog lagi menjamur banget. Banyak orang yang beramai-ramai mempelajari vlog ini. Tapi, karena saya ibu rumah tangga yang masih punya anak kecil, suka ga sempet nonton vlog gtu 🙈

    BalasHapus
  3. Ternyata... Ada juga Vlog seperti Ini...
    Salut dah buat mereka para creatornya...

    BalasHapus
  4. Lucuuuu banget vlog kaya gini! Thank youuu mbak rekomendasinya hehehe. Melipir ahhh

    BalasHapus
  5. Wah coba nonyon ah..sekalian buat belajar bahasa Inggris Kak Nailah..tengs yaa..

    BalasHapus
  6. Hahaha lucu & kreatifitas luar biasa. Saya juga kadang mau belajar2 bikin vlog. Makin bermanfaat konten makin banyak mudharatnya ya

    BalasHapus
  7. serasa nonton film kartun sih sebenarnya mbak, tapi ya itu tadi karakter animasi yang materinya untuk remaja, jadi kita2 khususnya cewe remaja doyan nonton secara yang dibahas adalah kejadian2 umum yang sering terjadi..

    saya sendiri jarang2 nonton vlog sih, palingan vlog wirda mansur aja, sisanya streaming nonton game, hehe

    BalasHapus
  8. Kalah sama Barbie yang udah punya vlog nih saya xD

    BalasHapus
  9. Kreatif pembuat vlognya.
    Aku sendiri paling suka lihat vlog DIY aja

    BalasHapus
  10. Wah anakku suka banget sama Barbie, pengen liat juga ahh

    BalasHapus
  11. Uwaaahhhh kok kayaknya menarik.. Secara aku jg pecinta barbie dari zaman sd :D. Bener mba, aku jg males liatin vlog yg isinya curhat ga jelas, apalagi yg pake gaya2 alay. Makanya aku termasuk jarang banget sih liat you tube. Mau liat yg barbie ini dulu. Anakku jg pasti suka nontonnya

    BalasHapus
  12. Ini menarik banget! Cuss pantengin vlog-nya.

    BalasHapus
  13. Cakep neh vlognya, saya juga demen barbie, apalagi kalau nontonnya ama anak.

    BalasHapus
  14. Jadi penasaran pingin nonton vlog-vlognya. Kalau ada pesan moral begini kan nyaman nontonnya, ya :).

    BalasHapus
  15. Wah,,,aku baru ngerti lho vlognya barbie.. langsung deh meluncur ke Youtube

    BalasHapus